Bicaramusik.id

Banner 728 X 90
Gemintang Merilis “Pinisi”, Lagu yang Terinspirasi dari Cerita Rakyat
  • By : Bicara Musik
  • 2021-08-19

Gemintang Merilis “Pinisi”, Lagu yang Terinspirasi dari Cerita Rakyat

Bicaramusik.id — Sesuai dengan judul lagunya, Gemintang menyentuh budayanya dengan menginterpretasi kisah asal mula perahu Pinisi. Pengambilan mitos epik Sulawesi Selatan yang unik dan modern ini bukan hanya menjadi bentuk apresaisinya saja. Ia juga ingin menunjukkan bahwa cerita tradisional masih memiliki relevansi dengan generasi saat ini. “Saya sadar, sebagian besar dari kita mungkin berhenti membaca atau mendengar cerita rakyat setelah lulus SD, termasuk saya sendiri. Namun, setelah beranjak dewasa, saya menemukan apresiasi baru untuk cerita-cerita ini. Anehnya, cerita rakyat menjadi sangat indah dan saya justru merasa relevan dengan cerita-cerita ini,” ujar Gemintang. Untuk mengenal lebih dalam, kisah Pinisi hanyalah sebagian kecil dari salah satu karya sastra terbesar di dunia yang disebut La Galigo. Pinisi menceritakan perjalanan salah satu protagonis paling ikonik, yaitu Sawerigading, dalam menemukan cinta. Meskipun dimulai dengan cerita kekasih yang bernasib sial layaknya sebagian besar mitologi, cerita ini memilih akhir yang berbeda. Akhir cerita ini tidak seperti kebanyakan cerita romansa barat yang kita kenal, contohnya Romeo dan Juliet. Di sini, Sawerigading dan kekasih hatinya, We Tenriabeng dan We Cudaiq, memutuskan untuk menyelesaikan kisah cinta mereka tanpa menghancurkan realitasnya masing-masing. Melalui lagu ini, Gemintang ingin mengungkapkan kekagumannya terhadap epik. “Pinisi mungkin tidak melibatkan drama yang kita harapkan dalam kisah cinta klasik, tetapi itulah mengapa cerita ini magnetis bagi saya. Kita sangat terbiasa dengan kisah cinta yang tidak realistis di mana orang akan membiarkan dunia terbakar karena cinta, di mana pada kenyataannya keputusannya tidak pernah sesederhana itu. Pinisi hanya itu. Sangat dewasa dan bijaksana, saya menyukainya," jelasnya.

Adapun lagu "Pinisi" sendiri adalah perjalanan emosional yang perlu dialami untuk dipahami. Lagu ini membawa rasa urgensi yang diakhiri dengan nafas panjang sebagai katarsis dari karakter yang terlibat. Jika didengarkan dengan baik, terdengar suara ombak yang semakin menekankan sifat visual dari lagu "Pinisi".

Klik di sini untuk baca berita terbaru lainnya, yuk! Jangan lupa simak profil musisi favoritmu juga di website Bicara Musik!
Banner 300x600

RELATED BERITA

RELATED BERITA