Bicaramusik.id

Banner 728 X 90
3 Penyanyi Indonesia dengan Suara Berkarakter R & B
  • By : admin
  • 2022-06-08

3 Penyanyi Indonesia dengan Suara Berkarakter R & B

Bicaramusik.id - Genre R & B pasti sudah familiar di telingan pendengar musik. Lagu bertempo sedang dengan nada yang mengalun-alun ini dinyanyikan dengan teknik yang khas. Salah satu teknik khas yang biasa digunakan dalam musik semacam ini adalah riffs and runs.

Riffs and runs sangat mudah dikenali, di mana para penyanyi yang menggunakan teknik ini biasanya dapat diketahui di akhir bait lagu. Teknik "mengeriting" atau dalam Dangdut disebut cengkok yang dimainkan di akhir kalimat pada bagian syair, bedanya terkadang riffs and runs lebih tajam memainkan perubahan nadanya. Untuk itu mari kita kenali tiga penyanyi yang handal memainkan teknik riffs and runs dalam lagunya.

Rizky Febian

Rizky Febian atau Iky ini memang terkenal dengan teknik riffs and runs yang ciamik. Teknik ini sering kali dipakai Iky waktu live. Sehingga karakter vokal Iky kerap dipelajari oleh penyanyi-penyanyi sekarang. Penempatan riffs and run yang tepat, membuat suara Iky gampang dikenali.Sivia Azizah

Sivia Azizah memang dikenal sebagai penyanyi R & B, suaranya yang lembut dan mendayu-dayu tampil serasi dalam lagu-lagunya. Seperti di lagu "Love Spells" atau "Are You My Valentine?". Karakter R & B Sivia ini nampaknya baru dibangun setelah ia memutuskan hibernasi dari grupnya dahulu, Blink.Gamaliel Tapiheru

Karakter R & B Gamaliel sudah terlihat sejak ia bergabung bersama trionya, GAC. Selain karena ia personel cowok satu-satunya, riff and runs yang ditampilkan saat ia bernyanyi kerap mengundang perhatian, bahkan GAC memberikan keleluasaan Gamaliel untuk mengeksplorasi setiap bagian vokalnya dalam lagu-lagu GAC. Apa lagi sekarang Gamaliel sudah bersolo karir, membuatnya makin leluasa mengeksplor teknik riffs and run saat tampil.Kira-kira inilah penyanyi berkarakter R& B favorit pilihan penulis. Tentu saja ada banyak penyanyi dengan vokal yang berkarakter R & B, seperti Teza Sumendra, Reza Artamevia, Marcell, Rini Wulandari, atau Tulus yang juga sering memainkan teknik riffs and runs.

Penulis: Mozza Mahardhika

Banner 300x600

RELATED BERITA

RELATED BERITA